Cara Mengatasi Laptop Lemot

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gasahar -Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan laptop terasa lemot. Beberapa di antaranya yang sering ditemukan adalah banyaknya file sampah yang menumpuk, terinfeksi virus, menginstal banyak aplikasi, kemampuan hardware yang menurun, dan masih banyak lagi.

·        Gunakan Sistem Operasi yang Ringan

Jika saat ini anda belum memiliki cukup uang untuk melakukan upgrade RAM dan beralih ke SSD, anda bisa mengganti Windows anda dengan sistem operasi yang lebih ringan dan stabil. Ada banyak sekali sistem operasi gratis dan ringan yang bisa anda coba, salah satunya yaitu Linux.

·        Mengganti HDD dengan SSD

Salah satu faktor yang menyebabkan laptop terasa lemot adalah proses pembacaan data pada harddisk yang lambat. Karena pada saat ini banyak laptop yang masih menggunakan penyimpanan berjenis HDD.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan laptop adalah mengganti penyimpanan laptop anda dari HDD ke SSD. Karena jenis penyimpanan SSD memiliki kecepatan read/write yang lebih tinggi dibandingkan HDD. Selain itu laptop anda bisa lebih hemat baterai.

·        Melakukan Upgrade RAM

Umumnya pada saat membeli laptop, masih banyak yang dibekali dengan RAM 2 GB atau 4 GB. Padahal jika dilihat dari kebutuhan software saat ini, kita butuh dengan RAM 8 GB. Jadi untuk memaksimalkan produktifitas sehari-hari kita bisa melakukan upgrade RAM agar performanya semakin kencang, minimal 8 GB.

·        Rutin Melakukan Perawatan Hardware

Anda bisa membersihkan bagian komponen seperti motherboard, kipas, hingga penggantian thermal paste, dengan catatan anda sudah paham cara membongkar laptop. Jika tidak anda bisa memanfaatkan jasa service laptop. Setidaknya anda melakukan ini selama setahun sekali.

·        Hindari Laptop dari Panas Berlebih

Ketika kita menggunakan laptop terlalu lama bisa meningkatkan suhu dari prosesor atau komponen lainnya. Sehingga pada saat suhunya melewati batas normal akan menyebabkan laptop terasa lemot. Jika kipas laptop anda sudah tidak sanggup lagi mendinginkannya, anda bisa menjaga suhunya dengan menyalakan AC di ruangan anda bekerja.

·        Instal Ulang Windows

Jika serangkaian tips optimasi software di atas tidak memberikan dampak yang signifikan, anda bisa melakukan reset/install ulang sistem operasi laptop. Karena kemungkinan besar sistem operasi Windows anda sudah terserang virus yang cukup parah.

·        Update Driver

Driver bisa dikatakan sebagai software yang menjembatani antara perangkat keras dengan komputer. Misalnya supaya VGA bisa berfungsi dengan baik, maka harus ada driver VGA yang terinstal di komputer. Untuk itu kita perlu mengupdate driver secara berkala agar kinerja hardware yang terpasang bisa maksimal

·        Jangan Instal Software Bajakan

Hati-hati saat mencari software yang anda butuhkan, jangan sampai anda menginstal software bajakan. Meskipun gratis, tapi percayalah bahwa software bajakan yang tersebar luas di internet saat ini tidak terjamin keamanannya. Bisa saja software tersebut sudah disisipi virus atau malware berbahaya, jika laptop anda sudah terinfeksi maka akan menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat.

·        Hapus Software/Aplikasi yang Tidak Perlu

Sistem operasi Windows memang memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk menemukan aplikasi yang kita butuhkan. Akan tetapi jika kita memasang program terlalu banyak, tentu akan memenuhi kapasitas memori sehingga menyebabkan laptop menjadi lemot.

·        Lakukan Scan Menggunakan Antivirus

Karena pada dasarnya virus adalah semacam program jahat yang bekerja secara diam-diam. Sehingga menyebabkan CPU dan RAM bekerja lebih ekstra lagi.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan aplikasi Antivirus untuk menemukan virus atau program berbahaya lainnya dan kemudian dibersihkan dari laptop anda. Supaya hasilnya maksimal, sangat disarankan untuk menggunakan software antivirus berbayar dan terupdate.

·        Bersihkan File Sampah

Setiap kali kita menjalankan aplikasi baik itu web browser atau yang lainnya, secara otomatis akan menghasilkan cache. Cache aplikasi memang bermanfaat dan mampu mempercepat loading pada saat memproses program. Namun lama-kelamaan akan terjadi penumpukan file cache di harddisk sehingga laptop terasa lemot.

Selain itu ada pula jenis file sampah lainnya seperti sisa file dari aplikasi yang telah dihapus. Sehingga file-file sisa tersebut akan tetap ada sampai kita menghapusnya secara manual. Untuk membersihkan file sampah tersebut kita bisa memanfaatkan aplikasi pembersih sampah seperti CCleaner misalnya.

Inilah cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda coba. Dijamin laptop akan akan semakin kencang dan tentu saja akan membuat produktifitas anda semakin meningkat, semoga bermanfaat ya.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url