Cara Uninstall Aplikasi Windows 10

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gasahar -Sebagai pengguna komputer kita perlu menghapus program atau aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Ini tentu saja bertujuan untuk menghemat space harddisk maupun mengurangi konsumsi RAM agar komputer atau laptop tidak lemot. Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk menghapus aplikasi di Windows 10. Mulai dari cara yang mudah dan simple, sampai dengan cara yang lebih rumit. Namun tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode tersebut.

1. Melalui Start Menu

Cara yang pertama ini dinilai paling mudah dan cepat, cukup dengan bebeberapa sentuhan saja aplikasi tersebut sudah berhasil di-uninstall.

Caranya klik tombol Start (logo Windows di pojok kiri bawah), lalu cari nama aplikasi/program yang ingin anda uninstall.

Jika ketemu langsung saja klik kanan aplikasi tersebut, lalu klik tombol Uninstall.

Hanya dengan beberapa langkah mudah, anda sudah berhasil menghapus software yang diinginkan.

2. Melalui Setting

Untuk membuka menu Setting, caranya klik tombol Start -> klik menu Setting (ikon roda gigi), kemudian akan muncul sebuah jendela.

Selanjutnya klik Apps & features, lalu cari nama aplikasi yang ingin anda hapus. Jika ketemu klik kanan aplikasi tersebut dan klik tombol Uninstall.

Memang sedikit rumit bila dibandingkan dengan cara yang pertama.

3. Melalui Control Panel

Bagi anda yang pernah menggunakan Windows 7 atau XP, mungkin cara ini pernah anda lakukan untuk menghapus program aplikasi. Karena umumnya melalui Control Panel inilah pengguna bisa menghapus atau melakukan uninstall software.

Pertama sekali buka menu Control Panel, anda bisa membukanya dengan beberapa cara. Salah salah satunya dengan mengklik tombol Start, lalu ketikkan “Control Panel”. Kemudian klik menu Control Panel.

Selanjutnya masuk ke menu Programs -> Program and Features. Di sana anda dapat melihat daftar program aplikasi atau software lainnya yang terinstall di komputer.

Untuk menghapusnya, klik kanan nama aplikasi dan klik Uninstall.

4. Melalui Direktori Aplikasi

Setiap menginstall aplikasi, komputer akan membuat sebuah direktori atau folder baru untuk meletakkan file-file dari aplikasi itu sendiri. Biasanya folder tersebut akan dibuat di drive C -> Program Files untuk 64 bit atau drive C -> Program Files (x86) untuk 32 bit.

Caranya masuk ke Drive C -> Program Files -> Nama aplikasi. Di dalam direktori tersebut biasanya terdapat sebuah file yang bernama Uninstall.exe.

Klik dua kali file tersebut dan ikutilah tahap-tahap uninstall aplikasi. Biasanya setiap aplikasi memiliki tahapan yang berbeda-beda.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak ke-3

Yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3, beberapa yang terbaik di antaranya yaitu Revo Uninstaller, iObit Uninstaller, CCleaner dan masih banyak lagi.

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan Revo Uninstaller, alasannya adalah selain interface yang sederhana dan mudah dikenali, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali fitur canggih.

Salah satu yang saya suka adalah kemampuannya untuk menghapus aplikasi sampai ke akar-akarnya. Mulai dari folder sisa aplikasi, data aplikasi, sampai dengan registry bisa dibersihkan dengan mudah. File sampah sisa uninstall aplikasi harus dibersihkan agar tidak menumpuk dan menghabiskan space hardisk.

Pertama sekali download aplikasi Revo Uninstaller langsung dari situs resminya. Untuk sekedar melakukan uninstall aplikasi kita cukup memilih yang versi gratis saja.

Setelah didownload langsung install seperti biasa, kemudian jalankan programnya. Cari nama aplikasi yang akan di-uninstall. Klik apliaksi tersebut dan klik tombol Uninstall.

Kemudian akan muncul jendela Uninstaller dan ikuti tahapannya seperti biasa.

Setelah program berhasil di-uninstall, akan muncul jendela yang berfungsi untuk men-scan sisa file, folder, maupun registry yang belum terhapus. Silakan pilih Advanced dan klik tombol Scan.

Jika file sisa Registry ditemukan, klik tombol Select All dan lalu klik Delete, kemudian Next.

Selanjutnya hapus juga semua folder sisa dengan cara klik Select All -> Delete. Terakhir klik tombol Finish dan komputer telah bersih dari segala file sisa aplikasi.

Inilah "Cara Uninstall Aplikasi Windows 10 Ditahun 2021" yang bisa anda coba. Ternyata setelah melakukan uninstall aplikasi, komputer kita belum benar-benar menghapus data aplikasi tersebut sepenuhnya. Untuk itu kita perlu menghapus file sampah agar tidak menumpuk.

Sekian dulu tutorial dari kami dan jangan lupa untuk memberikan saran, masukan, maupun pertanyaan lewat kolom komentar di bawah ini, semoga bermanfaat ya..

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url