Jaringan Komputer dan pengenalan Router

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gasahar.com -Penggunaan jaringan komputer telah meluas hingga sektor bisnis yang terkecil pun saat ini sudah menggunakan jaringan komputer meskipun hanya ada 3 (tiga) sampai 5 (lima) komputer yang terhubung. Tetapi paling tidak pertukaran data dan informasi sudah tidak dipindah tangankan melalui media non jaringan komputer.

Berbagai model jaringan dan peralatan juga sudah diimplementasikan. Yang dulunya hanya komputer dan hub, saat ini sudah berkembang hingga menggunakan router. Pada modul ini Anda akan berkenalan dengan router tetapi melalui sebuah simulator.

Dengan perkembangan tersebut otomatis kompleksitas jaringan juga semakin bertambah, 2 (dua) hal yang menjadi faktor komplesitas sebuah jaringan komputer adalah :

  • Peralatan yang banyak
  • Perbedaan peralatan pada jaringan

Kombinasi peralatan yang beragam dan banyak tentu membutuhkan perhatian lebih dari administrator jaringan, belum lagi masalah keamanan dari jaringan itu sendiri. Kebutuhan yang Anda harus penuhi dalam menyusun sebuah jaringan komputer adalah :

  • Desain jaringan (topologi)

Merupakan bentuk atau model serta susunan dari elemen (node, koneksi, dll) yang ada dalam sebuah jaringan komputer sehingga semuanya dapat terhubung dengan baik.

  • Protokol

Merupakan sebuah aturan standar untuk representasi data, pensinyalan, autentikasi, dan pendeteksian kesalahan dalam proses pengiriman informasi melalui jalur komunikasi yang ada. Dengan adanya protokol maka semua elemen yang berbeda dalam jaringan komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya.

  • Peralatan

Peralatan merupakan elemen penting dalam sebuah jaringan komputer. Karena peralatan-peralatan inilah muncul topologi dan protokol. Ada banyak peralatan yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer, beberapa peralatan pokok diantaranya :

  • Komputer
  • Kartu jaringan (NIC)
  • Kabel (UTP, Coaxial, Fiber Optic) o Hub, Switch, dan Router

Router

Router merupakan sebuah peralatan yang digunakan dalam jaringan komputer yang mampu mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih cepat, tepat dan efisien. Router berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. Router menghubungkan network-network tersebut pada network layer dari model OSI, sehingga secara teknis Router adalah Layer 3 Gateway.

Jika Anda memiliki dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda, Anda dapat menghubungkan beberapa jaringan tersebut menggunakan sebuah router.

Router bisa berupa sebuah device yang dirancang khusus untuk berfungsi sebagai router (dedicated router), atau bisa juga berupa sebuah PC yang difungsikan sebagai router.

Salah satu produsen router yang terbesar adalah Cisco, perusahaan tersebut menggolongkan produknya dalam 3 (tiga) kelompok tergantung dari kapasitas masing-masing produk tersebut.

Pengelompokan tersebut adalah :

  •  Small office and teleworker

Pada kelompok ini berisi produk seri 800 yang ditujukan untuk pengguna segmen kecil seperti kantor-kantor kecil dengan jumlah komputer < 100 unit.

  • Branch Office and SMB

Seri 1800, 2800, dan 3800 merupakan penghuni kelompok ini yang ditujukan untuk pengguna segmen menengah seperti perusahaan-perusahaan yang mempunyai cabang pada lokasi yang berbeda.

  • Head Office / WAN / VPN Aggregation 

Penghuni kelompok ini adalah seri 7200 dan 7600 yang di gunakan pada perusahaan-perusahaan besar khususnya kantor induk yang menangani dalam satu area jaringan yang luas seperti WAN.

Sebuah router dapat dikelola sedemikian rupa sehingga arus lalu lintas data pada jaringan Anda bisa dimonitor dengan baik.

Boson Network Simulation Software 

Untuk dapat melakukan setting dan menejemen jaringan pada sebuah router Anda harus mempunyai akses langsung ke peralatana tersebut. Tapi jika Anda tidak mempunyai akses tersebut, Anda dapat berlatih dengan menggunakan sebuah simulator router yang dikeluarkan oleh Boson. Ada 2 (dua) produk yang dapat Anda gunakan yaitu :

  • Boson Network Simulation

Dapat Anda gunakan untuk melakukan pengelolaan router seperti menggunakan router secara langsung. Tampilan yang muncul mirip dengan console router sebenarnya. Dan perintah-perintah yang digunakan sama persis dengan perintah yang ada console router sebenarnya.

  • Boson Network Designer

Sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mendesain sebuah jaringan komputer tanpa harus ada peralatan sebenarnya. Dengan Network Designer Anda dapat menyusun sebuah konfigurasi jaringan komputer menggunakan komputer, switch, dan juga router. 

Sedangkan untuk melakukan setting seperti memasang protokol (TCP/IP), memberikan subnet, melakukan routing, hingga pembatasan dengan Access List dapat Anda lakukan dengan menggunakan Network Simulation.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url