9 Makanan Sangat Baik Dikonsumsi Saat Puasa

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Ada 9 jenis makanan yang sangat baik Anda konsumsi saat berpuasa.

Gasahar -Kesembilan makanan itu adalah makanan dengan kandungan glycaemic index (GI) yang rendah. GI adalah standar pengukur zat gula pada makanan yang masuk ke dalam darah. Pemantaaun kadar GI sangat penting dilakukan demi alasan kesehatan, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit kronis.

Selain itu, sumber makanan dengan kadar GI yang rendah juga memberi efek kenyang serta asupan tenaga yang maksimal bagi tubuh. Berikut adalah 8 sumber makanan dengan kadar GI rendah yang baik untuk memberikan asupan energi yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. 

  • Telur

Mengandung protein tinggi yang mampu memperpanjang rasa kenyang, dan kandungan kolin di dalamnya baik bagi kesehatan otak dan memori.

  • Ikan

Tidak hanya kaya akan protein, berbagai jenis ikan (terutama ikan laut) memiliki kandungan lemak sehat, EPA dan DHA, yang baik bagi kesehatan liver dan meningkatkan fokus konsentrasi selama puasa.

  • Walnut

Segenggam kacang walnut mengandung hampir dua kali lipat kandungan antioksidan yang biasa terkandung dalam jenis kacang-kacangan lainnya dalam ukuran serupa. Antiperadangan yang terkandung dalam omega 3 pada kacang walnut berfungsi mengurangi risiko terkena gangguan fungsi liver, gangguan prostat, dan penyakit kanker. 

  • Buah-buahan dengan kadar air tinggi

Konsumsi berbagai buah dengan kadar air tinggi seperti melon, semangka, dan jeruk saat berbuka bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan puasa di siang hari. Hal ini dikarenakan kandungan garam magnesium, kalsium, sodium, dan potasium pada buah-buahan tersebut terbukti lebih cepat mengembalikan cairan tubuh dibandingkan air putih.

  • Sayuran berserat

Memperbanyak konsumsi sayuran berserat saat sahur mampu memberikan efek kenyang yang lebih panjang. Beberapa sayuran berserat tinggi di antaranya adalah brokoli, bayam, kubis, wortel, jagung, kembang kol, dan timun.

  • Oat

Makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi saat sahur karena dapat membantu mencegah sembelit dan sakit perut selama menjalankan puasa di siang hari.

  • Extra virgin olive oil

Jenis minyak zaitun ini memiliki kandungan 70 persen lemak tak jenuh dan asam lemak omega yang mampu menyeimbangkan kadar kolesterol. 

  • Beras merah

Jenis beras ini mengandung serat dan selenium yang lebih tinggi dari beras putih, dan bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Selain iry, kandungan minyak dalam beras merah mampu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

  • Gandum barley

Gandum barley memiliki kandungan gizi paling tinggi dalam keluarga gandum, serta mudah dicerna. Memiliki kandungan gastro-intestinal yang membantu menjaga kadar asam lambung, sehingga menjauhkan dari risiko perut kembung.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url