Cara Menghafalkan Kosa Kata Bahasa Inggris

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

      

      Gasahar.com -Cara Menghafalkan Kosa Kata Bahasa Inggris, Menghafal menurut KBBI adalah berusaha meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. Kegiatan menghapal sering dilakukan dengan cara mengulang beberapa kata dan kalimat agar menempel di memori jangka panjang. Kegiatan menghafal sudah menjadi bagian aktifitas rutin siswa Hidayatullah Batam khususnya menghapal ayat ayat suci Al-Qur’an, namun bagi sebagian siswa kadang mengalami kesulitan dalam menghafal makna kosa kata Bahasa Inggris. Setelah penulis pelajari melalui pengalaman mengajar di siswa-siswi hidayatullah ternyata ada perbedaan pola menghafal Al-Qur’an dan menghafal kosa kata Bahasa Inggris.

Teknik menghafal Al-Qur’an adalah yaitu dengan mengulang-ngulang ayat demi ayat hingga tersimpan di memori otak kita. Dalam menghafal Al-Qur’an siswa-siswi mengingat-ingat bunyi dari ayat secara runtut (ayatnya harus berurutan) secara otodidak sampai mereka menguasai target dari hafalan tersebut. Menghafal Al-Qur’an tidak ada batasnya, karena jika tidak diulang ulang ditakutkan hafalannya tidak sempurna lagi dikarenakan kelupaan beberapa bunyi ayat. Namun teknik menghafal Al-Qur’an tersebut jika diterapkan kedalam menghafal Kosa kata Bahasa Inggris sedikit membuat cepat bosan dan mudah lupa karena kita tidak hanya mengingat bunyi dari kata Bahasa Inggris tetapi juga makna dibalik bunyi tersebut.

Disini penulis akan mengemukakan perbedaan dari mempelajari dan menghafal. Menghafal seperti dijelaskan diatas adalah meresapkan ke dalam pikiran agar selalu ingat. Sedangkan mempelajari kosakata adalah mempelajari kosa kata tersebut berikut cara pengucapannya dan maknanya secara mendalam hingga anda benar-benar paham dengan kata tersebut hingga tersimpan dalam memori jangka panjang. Dalam menghafal kita rentan lupa dibandingakan mempelajari karena jika kita telah memahami sesuatu secara dalam kita akan lebih sulit lupa dibandingkan hanya menghafal kata dan artinya. Misal seorang siswa bernama Areon menghafal kata obey dengan artinya patuh. Setelah beberapa kata lainnya dihafal kata yang pertama dihafal rentan lupa karena otak hanya mengingat artinya.

Dalam mempelajari kosa kata ketika penulis kuliah dikampus mengalami kesulitan ketika harus mengingat seluruh kata-kata tersebut. Setelah itu penulis menemukan teknik yang mudah yaitu dengan memfilter kosa kata yang tidak relevance dengan kehidupan kita. “our brain do not learn things that are not relevant to our lives” maksudnya otak kita hanya akan mengingat apa saja yang penting dan berhubungan dengan diri kita. Jadi pelajari kata-kata yang bisa kita gunakan dan temui. Dengan mempelajari kata dibarengi dengan dengan belajar cara melapalkannya, cara menggunakannya dan membiasakan membaca dan mendengar kata tersebut di kehidupan kita akan lebih mudah masuk kedalam alam bawah sadar.

Jadi Ada 4 Tahap Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris :

  1. Mempelajari Makna Kata
  2. Belajar Cara Melafalkan
  3. Belajar Menggunakannya
  4. Menemukan Kata Tersebut Dalam Kehidupan Nyata Bisa Lewat Surat Kabar, Film Dan Lagu

Ketika menghafal kosakata bahasa inggris jangan lakukan dengan sekedar menghafal kata demi kata. Jika kamu terus melakukan hal ini akan sulit untuk bisa mengembangkan kemampuan bahasa inggris mu. Semisal ketika kamu sedang menghafal kata sepeda. Kemudian kamu ingin mengatakan rangkaian kata berupa sepeda biru. Ketika kamu menghafal kata per kata kamu akan mengatakan sepeda biru dalam bahasa inggris dengan “bicycle blue“. Begitu pula dengan kata-kata lain. Mempelajari kosakata bukanlah hal yang mudah. Seperti halnya bahasa Indonesia, bahasa inggris juga terdiri dari banyak kata, sebagian diantaranya bahkan sedikit sulit diucapkan oleh ‘lidah indonesia’. Karena itulah, metode belajar yang diterapkan pun harus menyenangkan agar tidak membosankan.

Dengan memahami kosakata bahasa inggris dalam bentuk frasa akan membuat menghafal kosakata berlangsung dengan lebih mudah terutama bagi pemula. Kesalahan-kesalahan sudah bisa teratasi dengan pemahaman yang tidak hanya berdasarkan kata demi kata saja.

Sumber Bimbingan Belajar : Ustadz Ilyas, S.Pd

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url