Cara Memperbaiki Komputer Hang

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gasahar -Cara Memperbaiki Komputer Hang Komputer hang adalah kondisi dimana komputer tiba–tiba berhenti berfungsi pada saat berjalan, banyak faktor penyebab komputer hang dan diantaranya adalah masalah hardware yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Selain dari faktor hardware seperti RAM (memeory) penyebab komputer hang bisa di gunakan oleh program yang tidak compatible dengan hardware terutama driver.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat komputer menjadi lambat atau bahkan hang. Berikut ini adalah beberapa pengalaman saya ketika memperbaiki komputer yang hang.

Komputer hang karena CPU kepanasan

Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik.

Apa yang menyebabkan CPU menjadi Panas:

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan CPU pada komputer anda menjadi panas. bahkan terkadang, CPU panas juga disebabkan beberapa faktor yang sangat berisiko merusak keseluruhan sistem komputer dan software anda. berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan CPU menjadi panas :

CPU Usage 100%

CPU Usage bisa terjadi karena banyak hal, tertuma multitasking yang berlebihan. Apabila CPU usage ini tetap dibiarkan 100% secara terus menerus dan rutin terjadi, maka hal ini akan sangat merusak komputer dan juga CPU anda pastinya. Jaga agar CPU Usage pada komputer anda tidak lebih dari 50% dalam waktu berjam – jam. (baca juga: dampak pengaruh cpu usage)

Malware, terutama virus komputer

Hal yang paling sering menyebabkan CPu menjadi panas adalah karena faktor malware, terutama yang berjenis virus komputer. Virus komputer ini biasanya adalah sebuah aplikasi atau software yang berekstensi .exe, yang merupakan file yang bisa dijalankan. Ketika kita tidak sadar menjalankan virus ini, maka bisa saja virus ini menyebabkan banyak sekali program berjalan di background, sehingga menyebabkan kerja CPU menjadi sangat berat, yang menyebabkan CPU menjadi sangat panas.

Overclocking PC

Overclocking merupakan penambahan kecepatan CPU (clock). Misalnya CPU dengan kecepatan standar 2.2 GHz, dilakukan overclocking hingga 2.4 GHz. Overclocking dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan CPU, terutama untuk kepentingan khusus, seperti gaming, desain, dan lainnya. Overclocking akan sangat mempengaruhi suhu dari CPU. CPU akan dipaksa bekerja lebih keras, yang tentu saja akan menyebabakan CPu menjadi bertambah panas.

Penggunaan PC selama lebih dari 24 jam non stop

Ini merupakan salah satu kecerobohan yang sering dilakukan oleh user komputer. PC digunakan selama 24 jam non stop. Penggunaan 24 jam non stop ini bukan berada dalam posisi idle atau stanby saja, melainkan 24 jam non stop dengan aplikasi berat yang berjalan, seperti pemutar music, video ataupun game. Hal ini akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan CPU menjadi panas.

Menjalankan aplikasi yang berat dan memakan memory membutuhkan keceptan CPU yang tinggi

Game, aplikasi desain grafis, dan video editor adalah beberapa jenis aplikasi atau software yang paling banyak menyumbang panas bagi CPU. Hal ini disebabkan karena aplikasi dan software tersebut membutuhkan spesifikasi tinggi, sehingga ketika aplikasi tersebut dijalankan, akan menyebabkan CPU mengalami panas, bahkan bisa saja mengalami panas berlebih.

Pasta Thermal CPU yang mengering

Thermal paste atau pasta thermal merupakan sebuah pasta yang menjadi standar pelapisan pada CPU. Thermal paste berguna untuk menyerap suhu panas yang dihasilkan oleh CPU, sehingga membuat CPU menjadi tetap dingin dan tidak panas berlebihan. Biasanya, komputer yangsudah berusia lebih dari 3 tahun, akan mengalami gejala thermal paste yang mengering. Thermal paste yang mengering ini membuat proses penyerapan suhu panas menjadi tidak optimal, sehingga CPU akan menjadi lebih muda mengalami panas.

Kipas CPU yang tersumbat, sehingga proses pendinginan menjadi tidak optimal

Selain dari faktor CPU itu sendiri, faktor lainnya juga dapat mempengaruhi panasnya CPU, dan juga PC secara keseluruhan. Ya, kipas alias fan dari sebuah komputer yang mengalami penyumbatan, tidak bekerja dan juga kotor akan sangat mempengaruhi kinerja dari CPU komputer anda. ketika fan tidak dapat bekerja dengan baik, maka proses pendinginan pada CPU akan menjadi sangat buruk, sehingga CPu akan menjadi sangat panas.

Spesifikasi perangkat keras yang tidak kompatibel

CPU juga memilkki keterbatasan dalam hal kompatibilitas hardware. Ketika ada hardware yang dipasangkan dengan sebuah CPU, namun tidak kompatibel, maka hal ini akan menyebabkan CPu tidak dapat merespon dengan baik. Apabila dipaksakan, hal ini akan menyababkan CPu menjadi panas, akibat tidak kompatibel dengan perangkat yang dipasang.

Apa saja dampak dari CPU yang panas:

Nah, CPU yang menjadi panas seperti ini tentu saja akan sangat merugikan usernya. Ada banyak sekali hal yang dapat terjadi ketika CPU anda menjadi sangat panas. Berikut ini adalah beberapa dampak dari CPU yang panas :

  • Komputer akan menjadi sangat lambat dalam merespon
  • Mati secara tiba – tiba
  • Merestart sendiri
  • IC dan juga komponen lainnya akan terbakar
  • Radiasi panas akan membahayakan kulit (terutama pada laptop)
  • Sangat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan di dalam komputer

Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  • Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  • Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya

Ada kalanya juga komputer hang karena Power Supply yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada power supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi.

Komputer hang karena hardisk bad sector

Saya pernah mengalami kejadian dimana setelah Windows booting semua tampak berjalan normal, tetapi ketika membuka sebuah dokumen dan mulai bekerja, tiba-tiba mouse dan keyboard diam, komputer menjadi hang!!!. Sayapun kemudian mencopot hardisk tersebut dan memasangkannya pada komputer lain kemudian menjalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada hardisk tersebut. Setelah hardisk selesai diperbaiki kemudian dipasangkan kembali pada komputer sebelumnya dan Alhamdulillah kondisi komputerpun normal kembali.

Penyebab Harddisk Bad Sector:

  • Penyebab pertama terjadinya bad sector pada harddisk anda bisa jadi karena dalam mematikan komputer/laptop tidak secara normal. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.
  • Penyebab kedua mati listrik saat komputer sedang beroperasi, untuk anda yang tinggal di daerah rawan mati listrik dianjurkan menggunakan UPS. Untuk anda yang menggunakan laptop/notebook sebagai pc dianjurkan jangan melepas baterai anda saat menggunakan laptop/notebook, karena dapat merusak komponen laptop/notebook anda, untuk masalah baterai laptop/notebook anda dapat membaca artikel Controlling Battery Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?.
  • Penyebab ketiga adalah jarangnya maintenance komputer/laptop. Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk. Kenapa? Ibarat kamar anda yang selimutnya tidak pernah dirapikan alias berantakan. Sama seperti harddisk, kinerjanya dapat menurun.
  • Penyebab keempat yaitu serangan virus. Serangan virus dapat menyebabkan merusaknya sistem operasi, virus yang dibiarkan dalam menyebabkan komputer sering hang dan restart paksa.
  • Penyebab kelima yaitu umur harddisk. Jika menurut anda harddisk anda sudah cukup lama disarankan backup file anda sebelum kinerja harddisk menurun.
  • Penyebab keenam adalah tegangan yang kurang/berlebihan. Jika tengangan power supply normal sesuai pemakaian komponen hardware dapat memperpanjang umur harddisk dan terhindar dari bad sector.
  • Penyebab ketujuh yaitu human error (kesalahan manusia) seperti terkena air atau jatuh saat memberiskan komputer/laptop.
  • Penyebab kedelapan tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.

Komputer hang karena VGA Card rusak

Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Hal ini juga pernah saya alami ketika seorang teman mengeluhkan kondisi komputernya yang tiba-tiba aja menjadi sering hang. Setelah saya cek ternyata heatsink pada kartu VGA terasa panasnya tidak normal, untuk itu sayapun kemudian mengganti kartu VGA tersebut dan ternyata setelah kartu VGA saya ganti kondisi komputer menjadi normal kembali.

Jika saat ini anda mengalami kerusakan VGA dan anda tidak tahu penyebabnya, mungkin beberapa alasan di bawah ini bisa jadi salah satu pencetus rusaknya VGA yang anda miliki : 

  1. VOLTAGE LISTRIK

Hal paling sering yang membuat VGA rusak adalah karena tegangan listrik yang tidak baik, karena jika VGA tidak mencukupi Supply Listrik tersebut dan cenderung naik turun, maka sudah pasti umur VGA card sama sekali tidak akan lama.

Kaitan hal ini juga terdapat pada penggunaan Power Supply dengan kualitas rendah, sebisa mungkin anda harus menggunakan PSU yang sudah ada logo 80+ minimalnya, kalau bisa yang 80+ Bronze, karena jenis PSU ini sudah tersertifikasi baik dan handal.

Lalu, jika PSU anda sudah baik, maka untuk menekan arus yang tidak stabil dari Listrik tersebut anda harus menggunakan Stabilizer (StaVolt) atau UPS, jangan langsung terhubung ke listrik tanpda 2 alat tersebut, karena jika terjadi Spanning, maka bukan hanya VGA Card anda saja yang terancam rusak, melainkan seluruh komponen yang terhubung listrik yang ada di dalam CPU komputer anda.

  1. PENGGUNAAN POWER SUPPLY

Sudah saya singgung diatas, karena PSU ini memang memiliki andil besar dalam umur hardware yang anda gunakan, jika Power Supply yang anda gunakan tidak berkualitas dan tidak teruji, misalkan PSU bawaan Case PC.

Maka, saya yakin umur komponen Hardware PC anda tidak akan lama, selain itu jika anda ingin menggunakan PSU yang berkualitas cari yang ada 80+ minimalnya, kalau tidak Certified Bronze itu sudah lebih dari cukup.

Lalu, pastikan anda menggunakan PSU yang tidak kepepet dengan jumlah Watt yang di gunakan CPU secara menyeluruh, jika konsumsi daya pada CPU anda totalnya 400W, maka pastikan akan menggunakan PSU yang paling tidak 450W atau 500W.

Karena jika kepepet seperti itu, maka bisa jadi jika ada hardware yang membutuhkan energi listrik lebih, misalnya Processor yang aktif fitur Turbo Boostnya atau anda melakukan Overclock, maka sudah pasti PC anda akan mati, karena PSU tidak akan bisa memenuhi daya yang di butuhkan.

Imbasnya? sudah jelas perangkat hardware lain akan terkena dampak negatifnya, bayangkan saja, jika VGA anda lagi di puncak performa dan tiba-tiba mati begitu saja seperti mati listrik dan hal ini berlangsung sering, apa yang terjadi? sudah jelas VGA Card anda akan rusak.

Biasanya masalah utama yang muncul itu berupa Artifak, No Display dan kipas VGA tidak berputar lagi, jika sudah pada kondisi ini, maka VGA anda hampir sulit untuk bisa di selamatkan lagi.

  1. TERKENA AIR

Jangan anda bayangkan seperti Kopi anda terbalik lalu mengenai VGA Card, tetapi hal ini lebih kepada penggunaan Water Cooling yang bocor, apakah Water Cooling ini memang benar-benar bisa bocor? saya sudah mengalaminya dan sudah saya tulis semua kegalauan saya disini Water Cooling CPU Bocor, Kerusakan Hardware hingga 13 Juta Rupiah!.

Jika sudah terkena air, maka sudah jelas VGA akan Korsleting (Short) akibatnya VGA akan mati total, kalaupun bisa hidup maka hanya kipasnya saja yang berputar, tetapi tidak bisa tersambung ke monitor (No Display), meski demikian hal ini memang sangat jarang terjadi, sialnya saya mengalami hal tersebut.

  1. SIRKULASI UDARA DI DALAM PC JELEK

Hal ini berkaitan dengan kotoran seperti debu yang tidak bisa keluar begitu saja dari dalam PC, karena sirkulasi udara yang ada buat di dalam PC itu lebih banyak menari dari pada mengeluarkan, memang dampaknya CPU anda akan menjadi lebih dingin suhunya.

Tetapi, negatifnya debu akan terus menumpuk kian hari dam bayangkan saja jika VGA Card anda banyak menyaring debu? jelas sekali performanya akan turun, Heat Sink-nya akan tidak maksimal mendinginkan karena kipas VGA sudah terlalu berat untuk berputar karena debu yang telah menempel, maka tidak lama setelah itu VGA anda akan Overheat dan rusak.

  1. PENGGUNAAN YANG BERLEBIHAN

Sama seperti semua hal lain, yang berlebihan itu selalu tidak baik dan cenderung berdampak negatif, sama seperti VGA Card tersebut, jika anda terus memforsir kinerjanya, maka sudah pasti VGA akan kian menyusut umurnya.

Maksud penggunaan yang berlebih dan ini adalah seperti anda bermain Game lebih dari 12 Jam sehari Non-stop dan selalu anda lakukan, maka sudah pasti jika umur VGA itu rata-ratanya 3-4 Tahun.

Maka di dalam penggunaan yang seperti ini, maka VGA Card anda paling hanya akan berumur 2 Tahunan saja.

  1. UMUR

Ya! ini sudah tidak dapat anda hindari, karena semua yang berumur pasti akan mati, termasuk VGA Card tersebut, secara umum VGA Card itu punya masa hidupnya sendiri, jika sudah mulai tutup usia maka biasanya gejala khasnya akan muncul.

Seperti muncul Artifak, No Display, Blue Screen, hingga Kipas (Fan) VGA tidak bisa berputar sama sekali, tetapi anda bisa mengabaikan hal ini jika VGA anda belum memasuki tahun ke-3 atau ke-4. 

Dengan demikian ke-6 hal diatas adalah hal yang paling sering yang membuat VGA Card anda matot, kenali masalahnya karena bisa jadi VGA Card anda masih bisa di selamatkan, kecuali karena faktor usia.

Maka, jika anda menggunakan VGA anda harus memperhatikan banyak hal, terlebih jika anda menggunakan VGA kelas atas, maka komponen pendukung seperti PSU dan Stabilizer / UPS, harus anda perhatikan dengan benar juga.

Biang masalah seperti Water Cooling juga harus anda amati, jika memang anda terjadi rembesan air, maka segera copot dan jangan di gunakan lagi, jika tidak maka pastinya VGA anda akan rusak, karena hal memilukan ini pernah saya alami sebelumnya.

Komputer hang karena koneksi LAN

Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan (contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1)
  • lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.

cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).

troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url