Pengertian Password yang Aman dan Kuat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gasahar -Pengertian Password yang Aman dan Kuat, Password Biasa disingkat PW dan PWD, password adalah sekumpulan karakter atau kata yang bersifat rahasia yang digunakan untuk mengotentikasi akses ke sistem digital berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Dengan kata sandi, maka hal tersebut akan membantu memastikan bahwa komputer atau data (baca pengertian data disini) hanya dapat diakses oleh mereka yang telah diberikan hak untuk melihat atau mengaksesnya.

Apa itu Kata Sandi?

Lalu, sebenarnya, apa itu kata sandi? Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini merupakan arti dari kata password dalam bahasa Indonesia. Kata sandi adalah mekanisme keamanan dasar yang terdiri dari frase tahap rahasia yang dibuat dengan menggunakan karakter alfabet, numerik, alfanumerik (baca pengertian alphameric atau alfanumerik disini) dan simbolik, atau kombinasi.

Kata sandi digunakan untuk membatasi akses ke sistem, aplikasi atau layanan, hanya untuk pengguna yang telah memiliki, mengetahui dan menghafal atau menyimpan password yang diizinkan untuk menggunakannya. Password atau kata sandi ini juga dapat disebut kode akses, pin atau kode rahasia.

Kata sandi merupakan salah satu prosedur kontrol akses yang paling banyak digunakan yang diterapkan di hampir semua perangkat digital dan komputasi. Umumnya, kata sandi digunakan dalam kombinasi dengan nama pengguna dan dalam kebanyakan kasus, seseorang harus menyediakan keduanya untuk mendapatkan akses ke sistem, jaringan atau area yang dilindungi kata sandi.

Pada sebagian besar aplikasi dan service (layanan), kata sandi dibuat oleh pengguna sendiri dan biasanya terpisah untuk setiap sistem atau layanan berbeda yang digunakan.

Dalam praktik sistem keamanan komputer yang baik, kata sandi panjangnya harus berkisar antara 8 (delapan) dan 24 (dua puluh empat) karakter, dan termasuk setidaknya satu huruf besar, satu angka dan satu karakter khusus. Ini biasanya terbentuk dari kata-kata sering digunakan, walaupun hal ini tidak disarankan karena lebih mudah ditebak atau dipecahkan.

Dalam artikel hari ini, saya membahas beberapa fakta umum, tips untuk membuat password yang anda yang lebih aman dan kuat.

Apa itu password?

Password adalah kombinasi dari beberapa kata atau string dari beberapa karakter yang digunakan untuk otentikasi atau sederhana kita dapat mengatakan bahwa password adalah kunci dari setiap akun online. atau lebih mudah nya kita bilang untuk membuat facebook atau pun yahoo dll. jadi sekrang anda mengerti dong, apa itu password. Memang dari dulu sudah tahu lah? hehehehe.. tapi orang lain banyak yang belum tahu mungkin, Ok next step!

Kesalahan Umum Masyarakat yang saat memilih sandi: -

Sebagian besar Masyarakat tidak menyadari tentang keamanan password mereka, mereka memilih beberapa password yang umum, supaya mereka akan dengan mudah mengingat contoh password seperti 

Nah, yang diatas adalah password yang mudah di tebak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bisa di bilang diri nya hacker, hehehee.. hacker cupu kalau model tebak-tebak password :D, Ok password di atas saya pastikan bahwa Anda tidak menggunakan nya pada account facebook, email atau akun Anda lain nya. Jadi mungkin anda bertanya sekarang, bagaimana menggunakan password yang bagus?

Cara membuat password yang lebih aman dan kuat

Sandi senyawa selalu digunakan berarti menggunakan abjad (huruf besar dan huruf kecil digunakan keduanya), angka, karakter khusus dalam password Anda, untuk contoh nya : - Pass^#kata@39 atau karakter yang beracak lain nya.

Gunakan simbol khusus/karakter antara dua kata, seperti: - *pintar($mobile.

Gunakan lebih di atas 10 karakter pada password Anda, jangan di bawah 10 karakter, lebih banyak akan lebih bagus dan aman, jangan juga sudah password nya panjang tetapi mudah di tebak, pastikan password nya beracak antara karakter/angka/ dan karakter khusus seperti $#%*(&, nah anda pasti akan mengerti apa yang saya maksud sekarang.

yang perlu anda ingat juga, ubah password anda di setiap bulan nya. saya menjamin akun anda akan aman.

Setelah kita mengetahui arti dari kata sandi atau password, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja jenisnya bukan? Ya! Ada beberapa jenis kata sandi atau password dalam komputer, 

Jenis yang paling umum termasuk:

  • CMOS | BIOS
  • Password administratif (kata sandi sistem operasi)
  • Password web

Di bawah ini akan Kami jelaskan secara detail tentang jenis kata sandi atau password:

CMOS | BIOS

Jenis kata sandi yang pertama adalah password CMOS dan BIOS. Ini umumnya disimpan dalam baterai CMOS yang sering disebut dengan semikonduktor oksida logam komplementer yang berupa sel kecil berbentuk lingkaran yang memungkinkan untuk menyimpan kata sandi, tanggal, waktu semua informasi yang disimpan dalam program utilitas CMOS.

CMOS adalah sel lithium dengan kapasitas penyimpanan 3,5 volt yang dipasang di dalam konektor pada motherboard komputer. Jika baterai CMOS rusak, alat ini tidak akan menyimpan informasi apa pun yang diberikan kepadanya dengan menggunakan program BIOS.

Pada umumnya, pengguna harus memasukkan kunci tersebut dari keyboard untuk mengakses program BIOS yang didalamnya terdapat semua fitur untuk mengubah konfigurasi sistem yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Dalam program utilitas BIOS, ada beberapa fitur tertentu di mana Anda dapat menambahkan kata sandi atau password ke sistem komputer Anda, mengubah urutan boot komputer, memilih perangkat boot, dan lain sebagainya.

Anda harus membuat CMOS atau kata sandi atau password bios untuk mengamankan informasi sensitif Anda dari akses tidak sah atau valid dan membantu sistem untuk bekerja secara maksimal.

Password Administratif

Jenis password administratif atau kata sandi sistem operasi ini biasanya disimpan dalam memori komputer yaitu adalah pada drive harddisk komputer untuk menghindari akses ke pengguna yang tidak diinginkan.

Password atau kata sandi ini umumnya digunakan untuk mencegah sistem operasi memuat keseluruhan sistem-nya, tanpa ada pihak atau pengguna lain yang memasukkan kunci rahasia yang benar. Jika Anda tidak memiliki password atau kata sandi atau kunci rahasia yang benar, Anda tidak akan diizinkan mengakses sistem komputer apakah itu host atau pun pengguna.

Password ini mengamankan semua informasi sensitif Anda yang tersimpan dalam hardddisk komputer seperti detail kartu kredit, informasi pribadi yang tidak akan Anda bagikan kepada siapa pun, seperti foto-foto pribadi, dan lain sebagainya.

Password Web

Jenis password yang terakhir adalah password web, kata sandi web ini digunakan terutama pada saat bekerja online. Sebagai contoh, misalnya sebelum menggunakan program e-mail (baca penjelasan apa itu e-mail disini) apa pun yang pertama kali harus Anda daftarkan di situs web atau aplikasi Anda harus memberikan kredensial Anda seperti nama, nama belakang, username dan password atau kata yang diinginkan.

Username dan password (kata sandi) ini bertindak seperti identitas online Anda. Hampir setiap web app atau aplikasi web saat ini meminta registrasi untuk mengetahui mereka dalam mengidentifikasi bahwa Anda adalah orang yang valid atau benar menggunakan perangkat lunak atau layanan aplikasi mereka.

Beberapa pengembang software (perangkat lunak) atau developer telah mengembangkan cara untuk mencegah program robot yang melakukan spam atau spamming layanan mereka dengan akun palsu dan aktivitas ilegal.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url