Adab Menggunakan Handphone

 

www.gasahar.com_Adab_Menggunakan_Handphone

 Assalamu'alaikum wr. wb

Gasahar -Di antara penggunaan HP yang menyelisihi syariat adalah mengikuti kegiatan yang disebut ‘Kuis berhadiah via HP’. Gambarannya, operator seluler memberikan informasi/layanan kepada Anda dgn tarif tertentu (kemudian Anda diminta menghubungi operator tersebut) atau Anda diminta mengirim sms dgn tarif per-sms sekian & sekian, atau menekan kode/tombol tertentu. Ketika Anda tepat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh operator tadi, berarti Anda telah terlibat dlm persaingan di antara ribuan pengguna HP lain dari berbagai daerah. Uang yang mereka (operator) dapatkan adalah hasil dari banyaknya peserta kuis, jumlahnya berlipat-lipat. Ini adalah bentuk penipuan & memakan harta manusia dgn cara yang batil, & termasuk dlm hukum perjudian. Wal ‘iyadzubillah.

Allah l berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dgn panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kalian mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan & kebencian di antara kalian lantaran (meminum) khamr & berjudi itu, & menghalangi kalian dari mengingat Allah & shalat; maka berhentilah kalian (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (Al-Maidah: 90-91)

Al-Maisir adalah perjudian.

Allah l juga berfirman:

“Dan janganlah sebagian kalian memakan harta sebagian yang lain di antara kalian dgn jalan/cara yang batil.” (Al-Baqarah: 188)

Kepada Siapa Anda Memberikan Nomor Telepon

Allah l berfirman:

“Dan tolong-menolonglah kalian dlm (mengerjakan) kebajikan & takwa, & jangan tolong-menolong dlm berbuat dosa & pelanggaran. Bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya.” (Al-Maidah: 2)

Seorang muslim wajib memilih teman-teman yang baik, yang akan membantunya dlm kebaikan & ketaatan kepada Allah l. Kepada teman & saudara yang seperti itulah Anda bisa memberikan nomor Anda. Tidaklah Anda akan mendapati dari mereka kecuali kebaikan & kesediaannya utk membantu Anda dlm meraih keridhaan Allah k. Sudah tentu, mereka pun memiliki adab-adab syar’i yang senantiasa mereka jaga ketika menelepon & berbicara dgn Anda.

Disamping itu, orang-orang yang tak tergolong shalih & bertakwa tak memiliki upaya utk menjaga adab-adab seperti ini. Karena itu, terkadang dia menelepon Anda ketika waktu shalat misalnya, atau menelepon Anda di pengujung malam utk sekadar bercanda. Bahkan mungkin mengirimi Anda gambar-gambar yang tak senonoh & beraneka ragam kejelekan lainnya. Bersikap waspada dari mereka (orang yang tak shalih & tak bertakwa) akan lebih selamat.

Tidak Mengeraskan Suara Melebihi Kebutuhan

Di antara wasiat Luqman Al-Hakim adalah sebagaimana yang dikisahkan oleh Allah k dlm surat Luqman, tatkala dia berkata kepada anaknya:

“Dan sederhanalah kamu dlm berjalan & lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (Luqman: 19)

Al-Imam Ibnu Katsir t berkata dlm Tafsir-nya (3/44): “Firman Allah k: ‘dan lunakkanlah suaramu’, maknanya adalah jangan berlebihan dlm berbicara & jangan mengeraskan suaramu dgn perkataan yang tak ada faedahnya. Oleh karena itulah, Allah l berfirman:

‘Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.’

Al-Imam Mujahid t & yang lainnya mengatakan: ‘Sesungguhnya sejelek-jelek suara adalah suara keledai, yakni mengeraskan suara yang paling buruk adalah yang kerasnya menyerupai suara keledai. Tambahan lagi, hal itu merupakan sesuatu yang dibenci oleh Allah l. Penyerupaan yang seperti ini mengandung pengharaman & celaan yang sangat keras terhadapnya, karena Rasulullah n bersabda:

لَيْسَ لَنَا مَثَلُ السَّوْءِ؛ الْعَائِدُ فِي هِبَتِهِ كَالْكَلْبِ يَقِيءُ ثُمَّ يَعُودُ قَيْئَهِ

“Tidak ada bagi kami permisalan yang jelek. Permisalan seorang yang meminta kembali suatu pemberian yang telah diberikannya kepada orang lain, seperti anjing yang muntah kemudian menjilat kembali muntahannya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Ahmad, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ath-Thahawi, & Al-Baihaqi, dari sahabat Ibnu Abbas & sahabat Abu Bakr c sebagaimana dlm Shahihul Jami’ no. 5426. Lafadz ini adalah lafadz An-Nasa’i dlm As-Sunan Al-Kubra 4/124)

Dari sini jelaslah bahwa seorang muslim itu tidaklah mengeraskan suaranya melebihi kebutuhan atau berbicara yang tak ada faedahnya.

Bimbingan Kedua puluh tiga: Tidak menutup HP ketika lawan bicara sedang berbicara, kecuali jika ada maslahat yang lebih besar

Seorang muslim itu hendaknya berhias dgn akhlak yang mulia & sifat yang agung, sebagaimana yang dianjurkan dlm syariat agama kita yang lurus. Allah l berfirman:

“Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar di atas akhlak yang agung.” (Al-Qalam: 4)

Disebutkan pula dlm sebuah hadits:

كَانَ رَسُولُ اللهِ n أَحْسَنَ النَّاسِ خُلُقًا

“Rasulullah n adalah orang yang paling baik akhlaknya.” (HR. Al-Bukhari no. 5850, Muslim no. 2150 dari sahabat Anas z)

Dari Abu Hurairah z, dia berkata: Rasulullah n bersabda:

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ

“Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaknya di antara mereka, & sebaik-baik kalian adalah yang paling bisa bersikap baik terhadap istrinya.” (HR. At-Tirmidzi no. 1162, Ibnu Hibban dlm Shahih-nya. At-Tirmidzi berkata: “Ini adalah hadits hasan shahih.” Asy-Syaikh Al-Albani berkata dlm Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1162: “Ini adalah hadits hasan shahih.” Beliau juga berkata dlm Shahih Al-Jami’ no. 1232: “Ini adalah hadits shahih.” Hadits ini disebutkan juga di dlm As-Silsilah Ash-Shahihah no. 284)

Menutup HP dgn cara seperti ini (ketika lawan bicara sedang berbicara) akan menghilangkan cerminan adab Islami & sifat yang mulia.

Menjaga Kesehatan

Di antara perkara yang wajib utk diperhatikan adalah menjaga kesehatan. Karena hal ini merupakan salah satu nikmat Allah l yang besar & wajib dipergunakan utk meraih keridhaan-Nya. Dari Ibnu Abbas c , dia berkata: Rasulullah n bersabda:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيْهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia melalaikannya: (1) kesehatan & (2) waktu luang.” (HR. Al-Bukhari no. 7049)

Gasahar -Frekuensi penggunaan HP & lama waktu yang digunakan dlm berbicara acapkali memberikan pengaruh yang berbahaya terhadap manusia –seperti radiasi, gangguan pendengaran, dsb, wallahu a’lam–. Maka berhati-hatilah, demi menjaga keselamatan (kesehatan), karena keselamatan itu tak ada sesuatu pun yang sebanding dengannya. Sekarang silakan anda perhatikan nukilan sebagian tulisan dlm pembahasan ini tentang bahaya (efek negatif) penggunaan HP.

Efek Negatif HP Terhadap Kesehatan

Riset ilmiah yang dilakukan dgn sangat teliti oleh seorang peneliti Saudi, Dr. Sari’ bin Hamd Ad-Dausari –seorang ahli THT (telinga, hidung, & tenggorokan), & dia adalah ketua lembaga Al-Jum’iyyah As-Su’udiyyah urusan THT, kepala, & leher– telah mengungkap tentang hilangnya indera pendengaran salah seorang pekerja Saudi akibat penggunaan HP dgn frekuensi yang sangat tinggi.

Dr. Ad-Dausari menyimpulkan hasil penelitiannya tersebut ketika memeriksa pasien rawat jalan di RS Universitas King Abdul Aziz, Saudi. Pasien tersebut adalah seorang pekerja berusia 40 tahun. Ia mengeluhkan pendengaran telinga kanannya berkurang selama tiga bulan, disamping rasa hangat & sakit di telinga. Dia mengatakan bahwa gejala ini terjadi ketika beberapa menit menggunakan ponsel & baru hilang satu jam kemudian.

Dr. Sari’ menambahkan, pasien tersebut menggunakan ponsel lebih dari 90 menit dlm sehari di telinga kanannya. Hal itu berlangsung selama lebih dari dua tahun. Kemudian dia rutin berkunjung ke klinik setiap tiga bulan. Setelah dilakukan pemeriksaan medis secara saksama, terlihat bahwa pendengaran berkurang sekitar 25 dB (desibel, satuan utk mengukur kerasnya suara atau ketajaman pendengaran) pada telinga kanan. Berkurangnya pendengaran tersebut semakin besar dgn bertambahnya waktu penggunaan ponsel. Kemudian si pasien diminta menggunakan ponsel di telinga kirinya.

Setelah enam bulan, pendengaran telinga kanan mulia membaik. Telinga kanan semakin membaik ketika penggunaan ponsel dihentikan. Namun ketika kembali menggunakan ponsel pada telinga kanan tersebut, pendengarannya kembali berkurang. Pasien disarankan utk menggunakan telepon biasa & mengurangi penggunaan ponsel serta speakerphone. Pasien pun mengurangi penggunaan ponsel sampai 15 menit sehari. Dengan cara ini, sembuhlah penderitaannya. Namun, si pasien tetap mengalami sedikit pengurangan pendengaran secara permanen.

Dr. Ad-Dausari mengungkapkan hal itu dlm sebuah artikel yang diterbitkan oleh WHO berjudul Efek ponsel terhadap kesehatan & perlunya penelitian lebih lanjut. Semakin meningkat penggunaan telepon seluler berarti semakin menambah efek secara biologis maupun kesehatan, karena paparan gelombang elektromagnetik dari perangkat portabel atau menara transmisi booster. Penelitian yang dipublikasikan menunjukkan adanya efek kerusakan kesehatan, seperti: kelelahan, sakit kepala, pusing, & gangguan tidur.

Mengambil manfaat dari HP

  1. Menyambung hubungan dgn keluarga & kerabat anda (silaturahim).
  2. Menelepon para ulama & bertanya kepada mereka tentang beberapa masalah yang terjadi.
  3. Membantu memenuhi kebutuhan anda baik dlm perkara agama maupun dunia.
  4. Merekam suara bacaan Al-Qur’an, tulisan, & ceramah agama.
  5. Mengambil manfaat dari situs-situs internet yang bermanfaat.
  6. Turut serta dlm kegiatan yang ilmiah di internet.
  7. Membangunkan orang tidur (misalnya dgn mengaktifkan jam alarm).
  8. Pengingat jadwal kegiatan anda baik umum maupun khusus, termasuk pengingat telah masuknya waktu shalat.
  9. Mengetahui keadaan (kabar) seorang ulama.
  10. Dakwah di jalan Allah l.
  11. Mengambil gambar (foto) pemandangan alam yang tak ada gambar makhluk bernyawa yang dengannya akan membantu anda dlm mengingat Allah l sehingga akan bertambahlah keimanan anda kepada Allah l sebagai Dzat yang Maha Menciptakan, Rabb, Pemberi Rezeki, & yang mengatur alam semesta ini. Dia adalah Ilah yang satu (satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi) tak ada sekutu bagi-Nya. Sungguh indah apa yang diungkapkan oleh seseorang:

وَفِي كُلِّ شَيْءٍ لَهُ آيَةٌ تَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ وَاحِدُ

Dan dlm segala sesuatu di alam ini terdapat ayat (tanda kekuasaan)-Nya

Yang menunjukkan bahwa Dia adalah Dzat Yang Maha Esa.

  1. Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Mohon diingat :

Beberapa bimbingan penggunaan HP di atas juga bisa dijadikan acuan dlm penggunaan komputer & internet, jika didapati kondisi yang sama dgn HP.

Ayo Ikuti Program Gasahar.com

1 . Gasahar Media

Kami dan team mencoba berkontribusi di Media Online dengan kata kunci @gasaharmedia yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan update status di media sosialmu, dengan Dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama’ah.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharmedia . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

2 . Gasahar Store

Kami dan team mencoba berkontribusi di Market Place dengan kata kunci @gasaharstore yang sudah meliputi:

  1. Channel Telegram
  2. Media Facebook
  3. Media Instagram
  4. Media Youtube
  5. Dan media-media lain yang akan terus kami kembangkan.

Silahkan Belanja di Gasahar Store Kami Menjual Produk Original Berkualitas dengan Harga Istimewa.

Bergabunglah di grup telegram dengan kata kunci @gasaharstore . Daftarkan telegram anda di admin berikut KLIK

3 . Belajar Sedekah Gasahar.com

    Bagi para sahabat yang ingin Belajar Sedekah berupa uang. Untuk program dan kegiatan Belajar Sedekah Gasahar.com, kami menyediakan beberapa daftar pilihan sedekah baik sebagai donatur tetap ataupun non-tetap. Adapun sedekah dapat dikirimkan melalui transfer ke rekening sebagai berikut :

Bank BSI Bank Syariah Indonesia No. 350 47 7619 0 

(mohon untuk melakukan konfirmasi sedekah menggunakan prosedur di bagian bawah halaman ini)

Berikut ini pilihan paket sedekah yang kami tawarkan :

  1. Paket Shodaqoh (tidak rutin setiap bulan dan jumlah sedekah seikhlasnya)
  2. Paket Istiqomah (rutin setiap bulan) :

1) Istiqomah5k : sedekah per bulan Rp 5.000

2) Istiqomah10k : sedekah per bulan Rp 10.000

3) IstiqomahIkhlas : sedekah perbulan seikhlasnya

Prosedur Konfirmasi

    Demi mempermudah kami dalam melakukan pengecekan, mohon setelah melakukan transfer untuk konfirmasi melalui telepon/sms/whatsapp ke nomor +62 811 6945 155.

Whatsapp Kami Segera

Konfirmasi dengan menggunakan Whatsapp dengan mengirimkan foto bukti transfer ke nomor +62 811 6945 155

Kami akan mengirimkan informasi mengenai perkembangan terkini, laporan keuangan, dan laporan kegiatan Belajar Sedekah melalui berbagai media informasi secara berkala.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url